Rabu, 05 April 2017

Motherboard Voltage Regulator Circuit

  Kursus Naura Komputer       Rabu, 05 April 2017
Galery Teknologi Toko Naura NET.com Gunungsari Kec Kedondong

Fase (Saluran)
Regulator tegangan mungkin memiliki beberapa sirkuit listrik yang bekerja secara paralel untuk memberikan tegangan output yang sama - mengatakan tegangan core CPU. Mereka, bagaimanapun, tidak bekerja pada saat yang sama: mereka bekerja out-of-fase dan karenanya nama “fase” untuk menggambarkan setiap sirkuit. Kami akan menjelaskan secara detail di halaman berikutnya bagaimana ini bekerja, jadi jangan takut. Kami ingin menyajikan pengantar ini, karena produsen dan penggemar ingin membicarakan jumlah “fase” motherboard memiliki banyak.
Mari kita rangkaian CPU tegangan regulator. Jika sirkuit ini memiliki dua fase (atau saluran), setiap tahap akan beroperasi 50% dari waktu untuk menghasilkan tegangan CPU. Jika sirkuit yang sama ini dibangun dengan tiga tahap, setiap tahap akan bekerja 33,3% dari waktu. Dengan empat tahap, setiap tahap akan bekerja 25% dari waktu. Dengan enam fase setiap tahap akan bekerja 16,6% dari waktu. Dan seterusnya.

Ada beberapa keuntungan dalam memiliki rangkaian regulator tegangan dengan fase lebih. Yang paling jelas adalah bahwa transistor akan bekerja kurang dimuat, yang menyediakan lebih tinggi rentang hidup untuk komponen ini dan temperatur operasi yang lebih rendah. Keuntungan lain adalah bahwa semakin fase Anda memiliki biasanya tegangan output lebih stabil dan juga tingkat kebisingan yang lebih rendah.
Menambahkan lebih fase memerlukan menambahkan lebih banyak komponen, yang meningkatkan biaya motherboard: Motherboard murah akan memiliki fase yang lebih sedikit, sementara yang lebih mahal akan memiliki lebih banyak fase.
Juga sangat penting untuk memperjelas bahwa ketika produsen mengatakan bahwa motherboard memiliki enam fase daya, itu hanya mengacu pada CPU tegangan utama (Vcore). Pada halaman berikutnya kita akan menjelaskan secara lebih rinci apa yang terjadi ketika CPU membutuhkan lebih dari satu tegangan.
Setiap fase atau saluran tegangan menggunakan satu choke, dua atau tiga transistor (atau satu sirkuit terpadu menggantikan transistor ini), satu atau lebih kapasitor elektrolit dan driver MOSFET satu sirkuit terpadu - komponen terakhir ini dapat diganti dengan transistor, seperti yang merupakan kasus dengan motherboard low-end. Seperti yang Anda lihat, jumlah yang tepat dari komponen akan bervariasi. Satu-satunya komponen yang hadir dengan selalu jumlah yang sama adalah choke, sehingga cara terbaik bagi Anda untuk mengetahui berapa banyak fase tegangan rangkaian regulator yang diberikan memiliki adalah dengan menghitung jumlah choke (perhatikan karena ada pengecualian, kami akan menjelaskan mereka berikutnya). Sebagai contoh, motherboard pada Gambar 11 (papan yang sama ditampilkan sebelum pada Gambar 1 dan 2) memiliki tiga fase



Tapi ada satu peringatan. Pada beberapa motherboard fase yang mengontrol memori atau tegangan chipset terletak dekat dengan fase lain, membuat Anda memiliki jumlah fase salah jika Anda hanya menghitung jumlah choke hadir di dekat soket CPU. Kami menunjukkan hal ini pada Gambar 12: meskipun motherboard digambarkan memiliki empat choke, itu adalah motherboard tiga fase, karena hanya tiga dari fase digunakan untuk menghasilkan CPU tegangan utama (Vcore); pada motherboard ini fase keempat digunakan untuk menghasilkan tegangan memori. Kami akan mengajarkan cara untuk mendapatkan jumlah fase yang tepat hanya dalam satu detik.

Gambar Motherboard dengan tiga fase, bukan empat seperti yang Anda bisa berasumsi.

Adalah salah untuk mengasumsikan bahwa hanya tersedak dekat bagian belakang motherboard harus dihitung, mengabaikan tersedak terletak di sisi papan: pada Gambar 11 Anda dapat melihat motherboard dengan choke terletak di sisi yang dimiliki oleh tegangan CPU regulator sirkuit ...
Karena semua choke yang menghasilkan tegangan output yang sama memiliki output mereka terhubung bersama-sama, hanya tersedak yang memiliki output mereka terhubung bersama-sama harus dihitung. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti setiap output choke di sisi solder dari motherboard. Pada Gambar 13 kita menunjukkan sisi solder dari motherboard yang ditunjukkan pada Gambar 12. Seperti yang Anda lihat, hanya tiga choke yang terhubung bersama-sama, output dari choke keempat akan turun ke soket memori (kita tahu ini karena ini adalah socket LGA775 motherboard, di mana CPU hanya membutuhkan tegangan tunggal; info rinci akan diberikan di halaman berikutnya).



Pada beberapa motherboard Anda mungkin tidak jelas melihat hubungan antara fase seperti kita menunjukkan pada Gambar. Dalam hal ini Anda harus mendapatkan multimeter dan memeriksa choke yang terhubung bersama-sama. Anda dapat tapi multimeter Anda pada skala kontinuitas (jika memiliki satu - biasanya berbunyi ketika probe "korsleting", menunjukkan bahwa ada hubungan) atau resistance skala (yang akan menampilkan nol ohm ketika ada sambungan). Pada Angka 14 dan 15 kami menunjukkan motherboard lain dengan empat choke dimana koneksi dari choke tidak jelas seperti pada motherboard dari Gambar. Dengan multimeter kami menemukan bahwa tiga dari choke yang terhubung bersama-sama, sehingga ini adalah "tiga -phase" motherboard. Choke keempat makan sesuatu yang lain (CPU memory controller terintegrasi, seperti yang kita akan menjelaskan di halaman berikutnya).


logoblog

Terima Kasih Telah Membaca Motherboard Voltage Regulator Circuit

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Galery Teknologi