Jumat, 20 November 2015

Modul Adminitrasi Server Kurikulum 2013 BABI Lanjut

  Sunarno.S.Kom       Jumat, 20 November 2015

B. FUNGSI KOMPUTER SERVER

Selain itu fungsi, komputer server juga harus memiliki sistem operasi yang khusus didesain untuk server yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating 

system yang memiliki berbagai fungsi khusus baik yang bersifat open source maupun berbayar. Beberapa contoh sistem operasi untuk komputer server adalah

1.      ClearOs Server
ClearOs adalah sistem operasi berbasis linux yang dikhususkan pengunaannya sebagai sebuah server. Namun maskipun berbasis linux, clearos sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang belum mengenal linux sekalipun. Karena sistem konfigurasinya yang berbasis Web GUI
2.      IP-FIRE Server
IPFire adalah distribusi Linux untuk server yang dikhususkan sebagai firewall. IPFire memfokuskan pada fleksibilitas dan dapat digunakan dalam lingkungan perusahaan kecil, perusahaan menengah dan penggunaan di rumah.
IPFire dikembangkan dengan konsep minimalis namun dapat diperkaya dengan banyak “add-ons” yang dapat di instal dengan mudah. Hal inilah yang menjadikan IPFire berbeda dengan distribusi firewall lainnya : IPFire sangat mudah di konfigurasi dan sangat mudah dikelola.
3.      Linux Debian Server 
Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.
Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux.
Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia


4.      Windows Server

Windows Server merupakan sebuah versi sistem operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk pasar server korporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan .NET Server, Windows .NET Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server dan bersifat berbayar.
1.      dan masih banyak yang lainnya

Komputer Server memiliki banyak fungsi namun dapat di sesuaikan dengan kebutuhan jaringan, secara umum fungsi Komputer server sebagai berikut :
1.      Menyimpan aplikasi dan database yang dibutuhkan oleh komputer yang terhubung dalam jaringan
2.      Menyediakan fitur keamanan jaringan
3.      Melindungi semua komputer yang terhubung mengunakan firewall
4.      Menyediakan IP Address untuk setiap komputer yang terhubung ke jaringan

Beberapa fungsi komputer server Sesuai dengan aplikasi yang di install pada komputer server adalah sebagai berikut ini :

1.      Aplication Server,
berfungsi sebagai media penyimpanan aplikasi-aplikasi yang nantinya akan di akses dari komputer client. Misalnya aplikasi transaksi jual beli dan aplikasi lainnya yang jalan di intranet atau internet.
2.      Proxy Server
Biasanya digunakan untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
3.      Database Server
berfungsi untuk menyimpan data-data. Ada beberapa orang meletakkan data terpisah dari server aplikasinya, biasanya terinstal semacam Database management system, seperti oracle, MS SQL Server, MySQL dan sebagainya.
4.      Game Server
berfungsi menyediakan game online, sehingga kita bisa bermain antara Client pada sebuah  jaringan.
5.      Printer Server

berfungsi mengatur dan berbagi printer dengan tujuan sebuah printer dapat digunakan untuk komputer tertentu  yang terhubung dalam jaringan.
1.      Web Server
menyediakan konten statis ke web browser dengan memuat file dari disk dan mentransfer melalui jaringan ke web browser computer yang terhubung ke dalam jaringan.
Dan lain sebagainya
logoblog

Terima Kasih Telah Membaca Modul Adminitrasi Server Kurikulum 2013 BABI Lanjut

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Galery Teknologi