Jumat, 20 November 2015

Modul Adminitrasi Server Kurikulum 2013

  Sunarno.S.Kom       Jumat, 20 November 2015
BAB I KOMPUTER SERVER


A. KEBUTUHAN KOMPUTER SERVER

KEBUTUHAN KOMPUTER SERVERKomputer Server adalah sebuah komputer yang menyediakan pelayanan atau service tertentu yang berjalan di jaringan, baik jaringan internet ataupun intranet. Komputer server pada umumnya online atau beroperasi selama 24 jam nonstop. Hal inilah yang membuat speksifikasi komputer server berbeda dengan komputer biasanya. Karena online selama 24 jam nonstop dan harus melayani komputer Client maka speksifikasi  komputer Server harus lebih bagus daripada komputer biasanya. 

Dalam perkembangannya banyak  Perusahaan yang memproduksi Komputer yang di desaing  khusus server seperti IBM, DELL, HP, QOMPACT dan masih banyak lagi, contoh komputer server IBM yang umum di gunakan di Indonesia

IBM System X3100M4-F4A Dengan dukungan Intel ® Xeon ® terbaru dan teknologi Core prosesor i3, X3100 IBM System M4 memberikan kinerja yang kuat untuk kemampuan dalam single-socket-tower. Fitur dan fungsi yang canggih, standar masa depan, termasuk kemampuan inovatif terintegrasi RAID, mengandalkan server class memory 1600 MHz, efisiensi energi, dan pilihan penyimpanan berkapasitas tinggi untuk meningkatkan ketersediaan layanan.
Beberapa Hal yang harus di perhatikan dalam memilih komputer server untuk membuat jaringan komputer di antaranya adalah
1.      Pilih server yang bersifat scalable dan lengkapi dengan memori yang besar untuk memungkinkan berbagi resources (program, printer, cd, data, internet, dll) secara cepat. Untuk prosesornya tidak masalah mengunakan  Intel atau AMD
2.      Pilih komputer yang tangguh baik dalam masa beroperasinya maupun umur komponen-komponennya. Beli Komputer Server  yang memang dirancang sebagai Server. Komputer server BuiltUp  lebih baik.
3.      Tempatkan di posisi yang baik dan nyaman dan aman untuk digunakan. Kalau perlu disain ruangan agar meminimalisir debu yang masuk ke lokasi server. Juga jaga agar orang-orang yang tidak berkepentingan dapat mengakses dengan mudah lokasi server. Perhatikan juga agar disekitar server bebas medan magnet, medan listrik atau bebas getaran. Diperhatikan juga bebas Asap.
4.      Beli UPS yang handal. Kejutan listrik atau pemadaman dalam waktu singkat, atau gejala seputar listrik lainnya mengakibatkan kerusakan pada peralatan elektronik yang perlu diwaspadai. Ketidakseimbangan dibawah 5% saja dapat mengakibatkan kinerja mesin yang sedang beroperasi bertambah hingga 18% dari keadaan normal.
5.      Lengkapi dengan kipas yang cukup dan ruang yang memiliki sirkulasi udara.

Spesifikasi Komputer Server  ( IBM System X3100M4-F4A )
Platform
Single CPU Tower Server
Processor Type
Intel Xeon Processor
1 Processor Onboard
·         Intel Xeon Processor E3-1270 v2 (8M Cache, 3.50 GHz)  
Standard Memory
·         4GB DDR3 PC-10600 ECC SDRAM
Networking
·         Integrated Two Gigabit Ethernet (10/100/1000 Mbps) ports 
Video Type
·         VGA SVGA 8MB SDRAM Integrated in BMC on Systemboard 
1 Hard Drive
·         300 GB SAS 10K 
Standard Bays
·         3.5" simple swap 4 Serial ATA (SATA) or 2.5" hot-swap 8 SAS/SATA  


Selain Komputer Server BuildUp di atas, Masih banyak Komputer -Komputer server yang beredar dipasar atau dapat merakit sendiri computer server dengan memperhatikan beberapa hal di atas.
logoblog

Terima Kasih Telah Membaca Modul Adminitrasi Server Kurikulum 2013

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Galery Teknologi