Jumat, 26 Mei 2023

KOMPONEN ELEKTRONIKA PADA MOTHERBOARD

  Kursus Naura Komputer       Jumat, 26 Mei 2023

Komponen elektronik adalah perangkat atau entitas fisik dasar dalam suatu sistem elektronik yang digunakan untuk mempengaruhi elektron atau bidang yang terkait. Komponen elektronik oleh sebagian besar industri produksi, tersedia dalam bentuk tunggal dan tidak harus bingung dengan elemen listrik, yang merupakan abstraksi konseptual mewakili komponen elektronik ideal.

Komponen elektronik memiliki dua atau lebih terminal listrik (atau arahan). Terminal ini digunakan untuk terhubung, biasanya disolder ke Printed Circuit Board (PCB), untuk
membuat sebuah sirkuit elektronik (diskrit sirkuit) dengan fungsi tertentu (misalnya amplifier, penerima radio, atau osilator).

1. Surface-Mount Technology (SMT)

Surface-mount technology (SMT) adalah sebuah metode untuk membuat sirkuit elektronik di mana komponen yang dipasang atau ditempatkan langsung ke permukaan papan sirkuit cetak (PCB) sebuah perangkat elektronik sehingga membuat disebut perangkat Surface- Mount Device (SMD) untuk perangkat bersangkutan. Dalam industri penemuan ini telah menggantikan metode teknologi konstruksi melalui lubang dimana kawat komponen mengarah ke lubang di papan sirkuit. Kedua teknologi dapat digunakan pada papan yang sama tetapi untuk beberapa komponen tidak cocok untuk permukaan mount SMT seperti transformer dan semikonduktor daya yang panas. Komponen SMT biasanya lebih kecil daripada rekan lamanya melalui lubang dan karena SMD memiliki ujung yang kecil maka hampir atau tidak ada petunjuk sama sekali.


Dalam motherboard anda akan sangat sering menemukan tipe perangkat yang
menggunakan model ini. Berbeda pada motherboard PC, motherboard laptop mempunyai
komponen yang jauh lebih kecil lagi.

Membuka dan mengganti peralatan seperti ini adalah jauh lebih sulit dan membutuhkan
ketelitian yang sangat tinggi.



logoblog

Terima Kasih Telah Membaca KOMPONEN ELEKTRONIKA PADA MOTHERBOARD

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Galery Teknologi