Rabu, 25 November 2015

Ramadan 2015: Panduan Waktu Ibadah di Bulan Suci Ramadhan

  Kursus Naura Komputer       Rabu, 25 November 2015
Ramadan 2015
Ramadan 2015
Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, umat muslim perlu mempersiapkan diri agar bisa memanfaatkan bulan tersebut secara maksimal untuk melaksanakan ibadah sebaik-baiknya. Termasuk diantaranya mempersiapkan jadwal waktu puasa serta sholat yang biasa dijadikan panduan dalam melaksanakan ibadah.
Bagi pengguna Android, kamu bisa memanfaatkan salah satu aplikasi yang ada di Google Play dengan nama Ramadhan 2015. Meski sederhana aplikasi ini tetap menawarkan hal penting seputar ibadah puasa. Apa saja feature-feature yang tersedia didalamnya? Berikut ulasan singkatnya:

User interface dan fitur


Ramadhan 2015 menggunakan tampilan sederhana berupa tulisan yang dihiasi dengan warna dasar saja. Tampilannya yang terkesan kaku dan monoton ini memang terlihat kurang menarik bagi sebagian orang, namun aplikasi untuk tujuan ibadah memang lebih mementingkan isi konten. Jika dilihat dari sisi positifnya, hal ini membuat kinerjanya lebih ringan dan cepat tanpa terbebani oleh tampilan bergambar atau animasi. Untuk menampilkan feature yang tersedia, pengguna bisa masuk ke pilihan Menu yang tersembunyi di pojok kiri atas. Dari sini pengguna bisa menelusuri berbagai fungsi yang tersedia, termasuk penjelasan singkat mengenai kegunaan puasa di bulan Ramadhan yang sayangnya hanya ditampilkan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, aplikasi ini banyak diselipi iklan baris dan iklan satu halaman yang akan muncul saat hendak masuk ke halaman lain.
interface
Karena dikhususkan sebagai pendukung bagi ibadah di bulan Ramadhan, aplikasi ini langsung menampilkan waktu sahur dan buka puasa pada halaman utamanya. Selain itu juga akan mendapati tanggalan masehi serta hijriyah. Bagi yang tidak ingin terlewat waktu sahur, tersedia pilihan alarm yang anehnya tidak bisa ditentukan sendiri. Untuk menentukan waktu pada alarm, aplikasi ini hanya memberikan pilihan waktu beberapa menit sebelum waktu sahur berakhir.
Sebelum mendapatkan waktu serta jadwal sahur, berbuka, serta sholat, kamu mesti mengatur terlebih dahulu agar aplikasi ini bisa mendeteksi lokasi dimana kamu berada. Untuk itu masuk ke pengaturan dan memilih Change City. Jika aplikasi ini mendeteksi lokasi dengan tidak benar, tersedia pilihan manual guna menentukan lokasi yang lebih tepat. Begitu pula dengan penentuan waktu sholat wajib yang mesti diatur terlebih dahulu dengan masuk ke pengaturan Adjust Prayer Times. Didalamnya kamu bisa memilih metode dalam menentukan jadwal waktu sholat lima waktu. Setelah selesai, kamu bisa melihat jadwal waktu sholat tersebut dengan menekan ikon yang terletak di bagian atas kanan.
Untuk melihat feature yang tersedia, kamu bisa masuk ke bagian menu. Disini terdapat pilihan Calendar yang menampilkan waktu sahur dan berbuka berdasarkan kalender harian berdasarkan tanggalan masehi dan hijriyah. Jadwal kalender ini bisa digunakan untuk menandai jika saat itu sedang berhalangan puasa sehingga kamu bisa ingat berapa hari waktu yang mesti dibayar nantinya.
kalender
Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa doa khusus saat berpuasa yang ditampilkan secara tulisan (baik tulisan arab, arti, dan terjemahannya) serta suara melalui audio guna memudahkan pengguna. Dilengkapi pula dengan tampilan 99 nama Allah guna memperdalam amalan saat berpuasa. Pengguna juga bisa berbagi informasi dari aplikasi ini melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, serta SMS/MMS ataupun email.
Kesimpulan:
Ramadan 2015 bermanfaat bagi kamu yang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, khususnya dalam memberikan informasi seputar waktu sahur, berbuka puasa, serta sholat lima waktu. Meski masih banyak pilihan aplikasi sejenis yang tersedia di Google Play Store, aplikasi ini tetap menawarkan keunggulan yang menjadi daya tarik penggunanya.
Ramadan 2015
Pengembang: PXL Apps
Lisensi: Gratis
Dukungan sistem: Android 2.3 ke atas
Ukuran file: 14 MB
Situs: www.muslimtoolbox.com

Sumber Artikel Dari http://www.pcplus.co.id/
logoblog

Terima Kasih Telah Membaca Ramadan 2015: Panduan Waktu Ibadah di Bulan Suci Ramadhan

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Galery Teknologi