Senin, 23 Juli 2012

Dasar Processor - CPU

  Sunarno.S.Kom       Senin, 23 Juli 2012
I -Fungsi CPU

     CPU singkatan dari Central Processing Unit (bahasa Inggris), secara kasar diterjemahkan sebagai unit pengolah pusat. CPU dapat dilihat sebagai otak, salah satu elemen yang paling penting dari sebuah komputer. Tugas utama dari CPU adalah pengolahan program komputer dan data. CPU memiliki desain yang berbeda. Dalam bentuk paling sederhana, CPU adalah sebuah chip dengan kaki beberapa lusin. Lebih kompleks, dirakit CPU yang tersedia di sirkuit dengan ratusan chip lainnya. CPU adalah sirkuit pengolahan data sesuai dengan program yang pernah didirikan. Ini adalah sirkuit terintegrasi yang kompleks meliputi jutaan transistor

  
II - Struktur CPU
 CPU memiliki tiga blok utama:

     Pengendali (Control Unit) adalah prosesor bertanggung jawab untuk menerjemahkan perintah program dan kegiatan pengendalian proses, diatur dengan tepat oleh jam sistem. Jam sistem vaskular digunakan untuk menyinkronkan operasi dalam dan di luar prosesor CPU sebagai periode minimal doi.Khoang batas waktu antara dua pulsa pulsa nhip.Toc disebut siklus di mana sistem jam penciptaan pulsa sinyal waktu standar yang disebut clock speed - kecepatan clock diukur dalam jutaan unit per detik-Mhz. Register adalah elemen penyimpanan sementara yang digunakan dalam prosesor dan alamat data memori dalam mesin saat melakukan tugas dengan mereka.

 Aritmatika-logika (ALU Arithmetic-Logic Unit) Fungsi untuk menjalankan perintah dari unit kontrol dan pemrosesan sinyal. Seperti namanya, unit ini digunakan untuk melakukan operasi aritmatika (+, -, *, /) atau logika perhitungan (bandingkan lebih besar dari, kurang dari ...)
     Pendaftaran (Register) Register bertanggung jawab untuk merekam kode sebelum pengolahan dan merekam hasil setelah perawatan

III - Spesifikasi CPU

     Kecepatan CPU: Kecepatan prosesor komputer tergantung pada kecepatan CPU, tetapi juga tergantung pada bagian lain (seperti memori, RAM, motherboard atau grafis) Ada banyak teknologi meningkat. pengolahan kecepatan CPU. Misalnya, Core 2 teknologi Duo.Toc terkait dengan frekuensi clock CPU dari pekerjaannya (dalam satuan seperti MHz, GHz, ...). Untuk frekuensi CPU peningkatan yang sama lebih tinggi kecepatan pemrosesan. Untuk jenis CPU lain, ini mungkin tidak benar, misalnya CPU Core 2 Duo 2,6 GHz frekuensi dapat memproses data lebih cepat dari CPU GHz 3,4. Kecepatan CPU tergantung pada buffer, seperti Intel Core Duo 2 cache L2 menggunakan (shared cache) umum untuk membantu pengolahan kecepatan sistem personil baru detik lebih cepat dibandingkan dengan sistem 2 sistem 1 (Intel Core Duo dan Intel Pentium D) L2 cache untuk setiap inti dari setiap individu. (Buffer memori digunakan untuk menyimpan perintah, atau menggunakan, membuat entri data lebih cepat prosesor). Saat ini teknologi untuk memproduksi CPU 65nm. Telah ada CPU Quad-Core (4 core). AMD telah merilis teknologi dengan 2 prosesor, masing-masing 2-4 orang.
     BUS kecepatan CPU (FSB - Front Side Bus)

FSB - Front Side Bus: Apa?

     FSB - Kecepatan transfer data pada CPU atau data rate yang berjalan di atas kaki CPU.
     Dalam kecepatan bus sistem bus kecepatan CPU harus sama dengan chipset utara, namun kecepatan Bus CPU Chipset utara adalah unik, namun dapat mendukung 2:58 kecepatan FSB
     Dalam chip, FSB memiliki Pen3 PEN2 dan kecepatan dari 66MHz, 100MHz dan 133MHz
     Sejalan dengan kecepatan FSB chip yang Pen4 adalah 400MHz, 533MHz, 800MHz, 1066MHz, 1333MHz dan 1600MHz


Cache memori.

Cache: memori CPU daerah digunakan untuk menyimpan bagian dari program, dokumen akan segera digunakan. Jika diperlukan, CPU akan menemukan informasi tentang cache sebelum menemukan memori utama.

L1 Cache: cache Terpadu (integrasi cache) - cache bersatu pada CPU. Cache CPU kecepatan integrasi informasi ditransmisikan ke dan ditransmisikan dari cache lebih cepat untuk menjalankan melalui bus sistem. Produsen sering menyebutnya Cache on-die cache. L1 Cache - cache CPU. CPU pertama menemukan informasi yang diperlukan dalam cache ini.

L2 Cache: Cache sekunder. Lanjutkan untuk mencari informasi di cache L2 jika tidak ditemukan dalam cache L1. Kecepatan rendah L2 cache L1 dan lebih tinggi dari kecepatan dari chip memori (chip memori). Dalam beberapa kasus (seperti Pentium Pro), cache L2 cache juga terintegrasi.

Pentium dan Celeron
- Pentium Chip ini dirancang untuk menjalankan aplikasi yang kuat seperti prosesor grafik, video, game 3D, dll ... Pentium chip memiliki cache lebih besar sehingga meningkatkan kinerjanya - Celeron: Sebuah garis chip Pentium dikurangi dengan biaya lebih rendah, jumlah kurang dari transistor di Celeron dan cache yang lebih kecil, Celeron dirancang untuk menjalankan aplikasi ringan seperti aplikasi Office, Web browsing, dll ... Dibandingkan dengan chip Pentium Celeron - Saat menjalankan aplikasi ringan seperti Office, web browsing kecepatan Pentium dan Celeron secara kasar setara (jika dua chip memiliki MHz sama), tapi ketika menjalankan aplikasi seperti pengolahan daya grafik, game, direksi video, Pentium lebih cepat dari 1,5 sampai 2 kali.

Jelaskan spesifikasi CPU dinyatakan dalam kutipan dari perusahaan komputer


sSpec Number SLA94 Jumlah produk
CPU Speed 2.40 GHz Pengolahan kecepatan CPU *
PCG 06 Sistem pendingin, kipas
Bus Speed 800 MHz
BUS kecepatan dari kecepatan CPU atau FSB
*
Bus/Core Ratio 12 Rasio antara CPU dan sistem BUS kecepatan
L2 Cache Size 2 MB L2 Cache Memori Ukuran *
L2 Cache Speed 2.4 GHz Akses kecepatan L2 cache
Package Type LGA775 Paket Tipe 775 pin - 775 Soket *
Manufacturing Technology 65 nm Teknologi untuk chip
Core Stepping M0 Pengembangan tengara dari CPU
CPUID String 06FDh Hexa kode string yang menentukan karakteristik dari CPU
Thermal Design Power 65W Thermal desain daya
Thermal Specification 73.3°C Memungkinkan suhu, panas yang berlebihan pada CPU untuk berhenti bekerja
Dalam spesifikasi ini, parameter pada cache kecepatan / bus kecepatan CPU FSB / L2 / dan jenis kemasan (item ditandai dengan *) adalah hal yang paling penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli Chip
 Tambahkan baris berikut untuk membantu Anda merujuk pada spesifikasi dari CPU seluruh hidup - Intel
 http://processorfinder.intel.com/Default.aspx


 
logoblog

Terima Kasih Telah Membaca Dasar Processor - CPU

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Galery Teknologi